Pengalaman Lulus SIMAK S2 K3 FKM UI 2020

Pengalaman ikut SIMAK UI 2020
Ilustrasi foto: analisnews.co.id
Bagikan

Pengalaman Lulus SIMAK S2 K3 FKM UI 2020

Oleh: Muhyidin, SKM

Ini pengalaman pertama kali saya mengikuti SIMAK UI (seleksi masuk Universitas Indonesia).   Awalnya saya tidak ada rencana untuk melanjutkan studi S2 di FKM UI.  Sempat cari-cari informasi S2 K3 di Universitas di Bandung supaya jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah saya di Garut. Dalam bayangan saya, akan repot kalau kuliah pulang pergi ke luar kota setiap minggu untuk kuliah sambil bekerja. 

Di akhir Agustus 2020 saya  mendapatkan informasi melalui grup WA.  Isinya yaitu tentang pembukaan Pendaftaran SIMAK UI gelombang 3  untuk jenjang magister tahun ajaran 2020-2021 (catatan: gelombang 1 dibuka pada bulan Maret 2020). Biasanya pendaftaran S2 ini di awal tahun, tapi ini sudah kuartal 3 kenapa masih ada ya? pikirku dalam hati. Disana tertera  jadwal pendaftaran mulai dari  20-27 Agustus 2020.  Sedangkan jadwal ujian akan dilaksanakan  pada tanggal 30 Agustus 2020. Bayangkan, saya cuma ada waktu 1 minggu untuk mempersiapkannya. Bismillah, saya coba, entah kenapa saya akhirnya menguatkan tekad kuliah. Ya Allah, bimbinglah hamba-Mu yang lemah ini.

Setelah diskusi dengan istri, akhirnya saya memberanikan diri untuk mencoba daftar. Salah satu pertimbangannya yaitu bahwa saat ini sedang ada pandemi Covid-19 dan informasi yang saya dapatkan bahwa perkuliahannya dilakukan secara daring. Jadi tidak perlu bolak-balik Garut-Depok untuk kuliah, minimal selama wabah ini berlangsung kuliah bisa dilakukan dari rumah dan tidak mengganggu pekerjaan.

Praktis saya hanya punya waktu satu minggu untuk mempersiapkan ujian tersebut.  Saya pun langsung  mendaftar diri melalui SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia) untuk studi S2 di FKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat) melalui link pendaftaran online di di www.penerimaan ui.ac.id

Buat akun di web penerimaan UI

Alasan Pilih S2 FKM UI

Alasan lainnya pilih S2 FKM UI, karena ketika S1 dulu saya kuliah di FKM UI jurusan K3 dan sesuai dengan pekerjaan saya saat ini. Selain itu, berbagai kelebihan kuliah S2 FKM UI diantaranya:

  • Memiliki akreditas A (sangat baik/excellent)
  • Sistem yang sangat bagus mulai dari para dosen yang sangat mumpuni di bidangnya, bahkan beberapa sering muncul di TV atau media nasional, fasilitas lengkap, referensi ilmiah banyak (jurnal internasional, ebook, disertasi, tesis, dll)
  • Prestasi akademik dan non akademik yang keren abis
  • Lulusannya diakui baik nasional maupun internasional
  • Jaringan alumninya mantap
  • Di kampus inilah saya belajar untuk kematangan diri, tidak hanya belajar di ruang kelas, tapi juga di organisasi, kegiatan kemahasiswaan, PBL (pengalaman belajar lapangan), pelatihan dari lembaga kemahasiswaan (indoor & outdoor), kepanitiaan, kegiatan keagamaan, dll
  • Dan banyak lagi alasan lainnya yang sulit diungkapkan dengan kata-kata, he..he..

Buat Akun SIMAK UI

Setelah klik tab Buat Account, isilah data-datanya seperti di bawah ini hingga lengkap dan pastikan sudah benar. Buatlah username & password yang mudah anda ingat. Identitas seperti nama, nomor identitas, tanggal lahir, nomor kontak dll pastikan diisi dengan benar ya.

Daftar akun di web penerimaan UI

Setelah saya mendaftar secara daring dan mengisi data dengan lengkap tinggal kirim. Lalu tunggu beberapa saat maka akan ada email Akademik UI <siakng@ui.ac.id>. Di email tersebut berisikan username dan password untuk login. Setelah login anda diminta untuk segera password yang dikirim di email tersebut dengan password yang mudah anda ingat tetapi tidak mudah ditebak oleh orang lain. 

Berikut ini tampilan setelah anda login ke website www.penerimaan ui.ac.id.  Yang pertama anda lakukan adalah klik tab Buat Pendaftaran. Lalu pilih Jenjang Pendidikan dan Jalur Masuk. Kalau saya pilihnya yang S2 Keselamatan Kesehatan Kerja  FKM UI, jadi saya klik Daftar di bagian kanannya. Setelah diisi, lalu klik lagi tab Upload Foto dan  kemudian melakukan pembayaran sebesar Rp.1.000.000,-  ke rekening yang ada di alamat website tersebut . Jangan lupa untuk mengunggah dokumen yang diperlukan yaitu ijazah S1 dan SMA- nya ya. Kalau ambil S3, berarti ijazah S2 dan S1 nya yang perlu di unggah. Kalau kedua hal tersebut sudah dilakukan dan lengkap maka akan ada tanda centang Hijau di bawah kolom Kelengkapan Pendaftaran dan Nomor Pendaftaran akan tertulis telah diverifikasi. Teman-teman jangan khawatir ya untuk transfer biaya pendaftaran karena nanti akan terverifikasi otomatis seperti Virtual Account. Mudah kok, tinggal ikuti petunjuknya.

Login di web SIMAK UI

 

Saat Ujian SIMAK UI Secara Daring

Untuk Kartu Tanda Peserta Ujiannya akan muncul H-1 (1 hari sebelum ujian, berarti waktu itu tanggal 29 Agustus mulai pukul 09:00 WIB). Jadi kita harus sering-sering buka website nya ya. Berikut ini tampilan kartunya (bentuk softcopy). Di masa-masa ini perbanyak do’a. Karena persiapan yang terbilang minim (baca-baca soal TPA, bahasa Inggris, dll), saya berdo’a kepada Allah supaya diberikan kemudahan dan kelancaran dalam ujian SIMAK UI nanti. Saya juga berusaha menjaga kesehatan agar tetap fit saat ujian. Tidak perlu begadang atau tidak bisa tidur, serahkan semua kepada-Nya. Di H-1 ini, saya dapat email dari panitia PMB UI yang isinya diingatkan tentang peraturan selama pelaksanaan ujian nanti. Berikut ini peraturannya:

Peraturan Pelaksanaan Ujian

1. Peserta telah mengunduh kartu ujian dan mengetahui no.ujian serta alamat website ujian yang tertera di kartu ujian.
2. Peserta menyiapkan alat tulis dan kertas kosong untuk coretan soal hitung.
3. Peserta memakai pakaian rapih
4. Peserta mengakses halaman https://ujiansimak.ui.ac.id sesuai jadwal ujian yang ditentukan
5. Login menggunakan nomor ujian yang tertera di kartu ujian.
6. Peserta membaca tata tertib ujian
7. Peserta menuliskan kode ujian yang ada di halaman ujian pada selembar kertas dan menempelkannya di baju. Kode ujian berbeda dengan nomer ujian.
8. Peserta mengecek kesesuaian status rekaman yang muncul di halaman ujian. Wajah dan kode ujian yang ditempel pada baju terlihat pada rekaman.
9. Peserta mulai mengerjakan ujian sesuai waktu pelaksaaan ujian.
10. Selama ujian tidak diperkenankan
* berbicara dengan orang lain
* digantikan atau menggantikan orang lain
* menggunakan catatan, melihat buku, mencari jawaban di Internet, atau dibantu/diwakilkan pihak lain
* meninggalkan perangkat ujian dan pergi ke tempat lain
* berpindah dari halaman ujian dan mengakses aplikasi lain
* menggunakan alat bantu seperti kalkulator
* hilang dari pantauan kamera
* mengambil gambar halaman ujian, menyalin atau menyebarkan soal ujian.
11. Selama ujian diperkenankan
* menggunakan kertas coret
* menyediakan perangkat cadangan
* menggunakan perangkat cadangan jika terjadi masalah pada perangkat utama. tutup laman pada perangkat utama, sebelum membuka laman di perangkat baru
12. Peserta hanya dapat mengikuti ujian selama waktu ujian berlangsung, tidak ada penambahan waktu bagi peserta yang terlambat atau yang mengalami gangguan koneksi internet dan gangguan teknis lainnya.
13. Pastikan koneksi internet anda sangat baik, SIMAK UI tidak bertanggungjawab atas permasalahan yang disebabkan gangguan koneksi internet peserta atau gangguan teknis lainnya.

Kartu tanda peserta ujian SIMAK UI

Saat-saat yang ditunggu tiba. Hari H pelaksanaan ujian SIMAK UI secara daring dilakukan di rumah. Laptop dengan yang ada kameranya sudah disiapkan. Sekitar 15 menit, website https://ujiansimak.ui.ac.id bisa diakses. Setelah login, di website tersebut terdapat nomor ujian kita. Nomor tersebut perlu ditempel di baju agar terlihat jelas saat ujian dan dapat terpantau lewat kamera laptop/webcam. Berikut ini foto saya ketika sebelum ujian. Jangan coba-coba berlaku curang ya guys, karena gerak-gerik peserta ujian bisa terlihat dengan jelas. Tidak bisa pakai joki juga karena nomor ujian baru terbuka 15 menit sebelum ujian dimulai. Jadi lakukan saja dengan jujur sesuai kemampuan.

Ketika ujian SIMAK UI secara daring

Panitia sudah mengantisipasi untuk menghindari adanya kecurangan saat ujian SIMAK UI secara daring ini. Pasti banyak cara dilakukan panitia agar tidak terjadi kecurangan. Lakukan saja ujiannya dengan tenang, kerjakan yang bisa dikerjakan. Ingat waktunya ya, kalau bisa isi semuanya (walaupun nembak) karena setau saya tidak ada pengurangan nilai seperti UMPTN atau SPMB. Kalau waktunya habis, maka akan ke sesi pertanyaan berikutnya. Kalau habis semua otomatis tertutup layarnya.

Sebelum ujian SIMAK UI

Supaya kita lebih siap, perbanyak mengerjakan jenis soal SIMAK UI ya. Bisa juga belajar dari buku TPA dan buku TOEFL atau sejenisnya yang dijual di pasaran. Karena 2 hal itu yang diujikan saat SIMAK UI. Sebagai referensi buat bahan belajar, berikut ini bisa digunakan untuk bahan belajar dari soal SIMAK sebelumnya. Soal-soal ini juga saya dapatkan dari internet. Jangan terpaku pada soal-soal tersebut ya, karena jenis soalnya sangat banyak dan bervariasi. Contohnya ketika saya ujian, antara yang saya pelajari dengan soal ujian yang keluar berbeda semua. Ini hanya untuk tahu tipe soal dan untuk kita latihan saja. Kebetulan yang ini tipe soalnya dalam bentuk kertas (tahun-tahun sebelumnya). Kalau tipe soal bentuk ujian daring tidak boleh di share.

  1. Contoh soal SIMAK UI Bahasa Inggris tahun 2011
  2. Contoh soal SIMAK UI Bahasa Inggris tahun 2012
  3. Contoh soal SIMAK UI Bahasa Inggris tahun 2013
  4. Contoh soal SIMAK UI TPA tahun 2009

Pengumuman Kelulusan SIMAK UI

Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba. Apalagi kalau bukan menunggu hasil ujian SIMAK UI. Ada rasa harap-harap cemas bercampur aduk. Seminggu setelah ujian, akhirnya hasil SIMAK UI ditayangkan di website penerimaan UI. Alhamdulillah lulus…tidak dibayangkan sebelumnya. Apalagi kalau saya menilai sendiri saya kurang jago di bidang matematika saat tes SIMAK kemarin, banyak yang saya tidak tahu jawabannya, sebagian besar nembak, he…he… Tapi di bagian lain seperti TPA dan bahasa Inggris, insya Allah bisa dijawab. Ada teman saya yang ikut tes SIMAK di bulan Maret, tapi tidak lulus. Akhirnya beliau coba lagi di gelombang ke-2 nya dan ternyata lulus. Saya tes sekali dengan persiapan yang sangat minim, alhamdulillah bisa lulus. Sekali lagi, saya lulus bukan karena saya hebat, tapi karena izin & pertolongan Allah. (Baca juga: Pengalaman Kuliah S2 K3 FKM UI Saat Pandemi)

Pengumuman Hasil Seleksi Akhir S2 FKM UI_Muhyidin

Semoga sharing ini bisa bermanfaat ya. Jangan lupa belajar & berdo’a. Semoga sukses lulus ujian SIMAK nya.

You may also like...

5 Responses

  1. Fufut says:

    wowww nice info kakak, berkah ya. Semoga tahun depan saya bisa S2 di UI FKM juga, aamiiin.

  2. Neri says:

    wahh makasi banyak infonya kakak, barakallah..semoga tahun depan saya bisa kuliah S2 di FKM UI juga , aamiin..

  3. Neri says:

    wahh makasi banyak infonya kakak, barakallah..semoga tahun ini saya bisa kuliah S2 di FKM UI juga , aamiin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: