Pengalaman Kuliah S2 K3 FKM UI Saat Pandemi

Kampus FKM UI Depok
Ilustrasi foto: ui.ac.id
Bagikan

Pengalaman Kuliah S2 K3 FKM UI Saat Pandemi

Oleh: Muhyidin, SKM

Setelah dinyatakan lulus tes SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia) pada akhir Agustus 2020, perasaan saya sangat senang, dan tidak menyangka bisa lulus tes tersebut. Walaupun dengan persiapan yang minim, alhamdulillah bisa diterima untuk bisa kuliah S2 K3 FKM UI. Setelah dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa baru Universitas Indonesia lewat website https://penerimaan.ui.ac.id kemudian melakukan pra-registrasi di website  http://pra-registrasi.ui.ac.id/apps/loginlog in dengan memasukkan NPM (Nomor Pokok Mahasiswa) yang telah diperoleh dan pilihan Program Studi. Tidak usah khawatir, ikuti saja petunjuknya, sangat mudah kok. Berikut ini dokumen yang perlu disiapkan dan di scan/pindai dalam bentuk pdf:

  1. Kartu Tanda Pengenal (KTP) atau Kartu Keluarga (KK)
  2. Ijazah, atau Surat Keterangan Lulus ditandatangan Kepala Sekolah atau Dekan, atau Surat Verifikasi dari Universitas Indonesia;
    Bila berasal dari lembaga pendidikan luar negeri, siapkan juga Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi;
  3. Kartu BPJS Kesehatan, jika sudah memiliki;
  4. Kartu anggota asuransi kesehatan lain yang masih berlaku, jika ada.
  5. Mendownload Surat Pernyataan (yang di-generate oleh sistem) untuk ditandatangani di atas Materai

(Baca juga: Pengalaman Lulus SIMAK S2 FKM UI 2020)

Biaya Kuliah S2 FKM UI

Setelah praregistrasi dilengkapi, langkah penting berikutnya yaitu pembayaran biaya kuliah. Untuk tahun 2020 ini, biaya kuliah berdasarkan Peraturan Rektor UI No.4 Tahun 2020 tentang Biaya Pendidikan Mahasiswa Non S1 Reguler yang bisa dilihat di: https://www.ui.ac.id/pengantar-pendaftaran/biaya-pendidikan.html.

Untuk biaya kuliah S2 FKM UI pada semester 1 ini totalnya sebesar Rp.24 juta. Biaya pendidikan (BP) tersebut terdiri dari BOP (Biaya Operasional Pendidikan) sebesar Rp.14 juta dan UP (Uang Pangkal) sebesar Rp.10 juta.

Biaya kuliah S2 FKM UI tahun 2020

Registrasi Administrasi dan Akademik

Setiap mahasiswa UI harus melakukan registrasi administrasi dan akademik untuk mengikuti kegiatan akademik pada suatu semesternya. Registrasi administrasi adalah pembayaran biaya pendidikan dan registrasi akademik adalah pengisian Isian Rencana Studi (IRS).

Waktu registrasi administrasi dan akademik sesuai dengan  Kalender Akademik Universitas yaitu:

a. Registrasi Administrasi:

  • Gelombang 1: 16 April – 4 Mei 2020;
  • Gelombang 2: 15 Agustus – 31 Agustus 2020;
  • Gelombang 3: 8 September – 12 September 2020;

b. Registrasi Akademik

Term-1 TA 2020/2021 :10 Agustus  – 12 September 2020

IRS dibatalkan apabila biaya pendidikan belum dibayarkan sampai akhir masa pembayaran.

Program Magister Kelas Reguler dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh sekurang-kurangnya 2 (dua) semester dan selama-lamanya 6 (enam) semester. Program magister sendiri beban studinya sebanyak 40 sks dengan lama studi 4-8 semester atau n+n dan tidak ada perpanjangan masa studi. Jadi kalau ada yang ingin ambil cuti studi, pastikan total studi tidak melebihi 8 semester.

Kegiatan Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF)

Berhubung saya ikut SIMAK UI nya pada gelombang terakhir (gelombang 3), akhirnya saya inisiatif mencari informasi ke website FKM UI di https://www.fkm.ui.ac.id/. Ternyata di website tersebut terdapat informasi untuk kegiatan Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) yang diadakan 1 minggu setelah pengumuman. Alhamdulillah kata saya dalam hati, karena tidak ketinggalan informasi penting ini.

Sekedar info bahwa PSAF ini merupakan agenda wajib mahasiswa baru yang harus diikuti di fakultasnya masing-masing. PSAF FKM UI sendiri mengadakan kegiatan tsb pada tanggal 10 & 12 September 2020. Kalau dulu waktu kuliah S1, istilahnya OKK (Orientasi Kehidupan Kampus). Kegiatan OKK dulu biasanya dilakukan oleh panitia yang sebagian besar dari mahasiswa. Dimarah-marahi oleh panitia, “dikerjain” untuk bawa peralatan atau tugas yang terkesan aneh adalah hal biasa dan menjadi cerita seru tersendiri setelahnya.

Nah, berhubung masih suasana pandemi Covid-19, kegiatan PSAF dilakukan secara online/daring. Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali. Apalagi saya sudah belasan tahun di kuliah lagi, he…Pada PSAF ini semua prodi pascasarjana S2 dan S3 FKM UI dilakukan secara bersama. Berikut ini beberapa materi penting saat PSAF tersebut:

  • Pengenalan program studi (prodi), hak dan sistem perkuliahan (Pengenalan Pembelajaran Berbasis Riset)
  • Mekanisme Kuliah Daring (Pengenalan aplikasi EMAS, Ms. Teams) dan Pengenalan SSO, SIAK-NG, SCELE dan EDOM)
  • Pengenalan sarana dan prasarana di FKM UI
  • Sosialisasi Sistem Akademik dan Tugas Akhir Mahasiswa
  • Sosialisasi Unit PK2M dan Kemahasiswaan
  • Hasil studi “Sejauh Mana Kompetensi para Alumni FKM UI Bermanfaat bagi Masyarakat?”
  • Sosialisasi “SKSD-Sapa Kenal Sampai Dekat” dengan Organisasi FKM UI
  • Sosialiasi Riset dan Pengabdian Masyarakat
  • Sosialiasi Publikasi Jurnal di Lingkungan FKM UI
  • Mekanisme Penelusuran Literatur Ilmiah
  • Pengumuman Ketua Angkatan 2020 terpilih
  • Sosialisas prodi masing-masing

Kalau tidak ikut PSAF, bisa-bisa nanti ikut PSAF di tahun berikutnya. Jadi jangan sampai ketinggalan ikut kegiatan tsb.

Kuliah S2 K3 FKM UI Secara Daring

Sebagai informasi, untuk kuliah S2 K3 FKM UI ini ada yang S2 K3 Reguler dan ada juga yang S2 K3 PJJ (pembelajaran jarak jauh). Saya mengambil yang regulernya. Berhubung tahun 2020 ini masih masa pandemi Covid-19, seluruh perkuliahan, termasuk yang reguler, dilakukan secara daring. Ada kelebihan dan kekurangan dalam sistem perkuliahan secara daring ini. Kelebihannya yaitu kuliah bisa dilakukan dari rumah, kantor atau dari mana saja selama masih terkoneksi internet. Selain itu, tidak perlu pulang pergi Garut-Depok tiap minggu (kuliah tiap Jum’at sore dan Sabtu dari pagi hingga sore hari). Kekurangannya yaitu kita tidak bisa bertatap muka langsung, tidak bisa interaksi dan kenalan langsung dengan dosen dan teman-teman seangkatan. Diskusi, tugas, dan ujian dilakukan secara daring semua.

Media yang digunakan untuk kuliah secara daring ini umumnya menggunakan aplikasi Zoom Meeting, pernah juga beberapa kali menggunakan aplikasi Team Meeting. UI juga punya aplikasi tersendiri lho yang bernama EMAS (E-learning Management System). Beberapa mata kuliah mewajibkan pengumpulan tugasnya lewat EMAS ini, termasuk saat ada quiz & materi kuliah disampaikan juga lewat EMAS ini. Mata kuliah yang kita ambil di semester 1 ini harus enroll/registrasi di EMAS. Jadi jangan lupa enroll ya.

Walaupun kuliah dilakukan secara daring, tapi kehadiran minimal kuliah 75% dari jumlah sesi yang direncanakan. Biasanya asdos (asisten dosen) akan melakukan absensi kuliah daring tersebut. Ada juga dosen yang meminta semua video diaktifkan saat perkuliahan untuk memastikan mahasiswanya hadir.

Saya ingin cerita juga bahwa selama kuliah S2 K3 di FKM UI ini seru lho. Setiap minggunya selalu ada tugas, baik tugas kelompok maupun tugas individu. Para dosen juga memberikan referensi dalam bentuk e-book dan presentasi material kuliahnya untuk bacaan kita. Jadi, kita sebagai mahasiswa S2 harus proaktif dan lakukan semua tugasnya agar lebih memahami mata kuliah yang diajarkan.

Bahkan ada mata kuliah yaitu Kesehatan Masyarakat Intermediate, yang mahasiswa diminta buat presentasi dan cari bahannya terkait topik tertentu kemudian dipresentasikan saat kuliah daring. Nanti dosen tinggal dan mahasiswa lain saling diskusi dan menambahkan. Intinya saling tukar pikiran dan diskusi interaktif, problem solving masalah yang ada di lapangan, dll. UTS (ujian tengah semester) nya tiap kelas diminta membuat seminar nasional dan UAS (ujian akhir semester) membuat seminar internasional, wah mantap kan. Panitia, pemateri, dan penanggap nya sebagian besar dari mahasiswa yang bersangkutan. Kita bisa mengundang pihak luar sebagai Keynote Speaker. Panitia juga bisa mengundang para sponsor atau kerja sama dengan pihak lain seperti asosiasi profesi untuk mendapatkan fasilitas SKP gratis bagi peserta seminar. Sungguh pengalaman yang luar biasa.

Isian Rencana Studi (IRS)

Sebelum perkuliahan, para mahasiswa diwajibkan mengisi IRS terkait mata kuliah yang akan diambil di semester tersebut. IRS ini diisi melalui website SIAK-NG (Sistem Informasi Akademik Next Generation) dengan alamat: https://academic.ui.ac.id. Untuk semester 1 biasanya semua mata kuliah sama dan sudah ditetapkan. Untuk semester berikutnya, sebelum isi IRS, konsultasikan dulu dengan dosen pembimbing ya.

Untuk mata kuliah wajib fakultas biasanya ada beberapa kelas. Misalnya mata kuliah Biostatistik Intermediate ada 8 kelas paralel dan tiap kelasnya sekitar 40 orang. Bisa jadi dalam 1 angkatan, contohnya untuk mata kuliah Biostatistik Intermediate tsb akan dapat kelas yang berbeda dengan dosen pengampu yang berbeda pula. Jadi di kelas tsb akan ada yang dari jurusan K3, KARS, Epidemiologi dan jurusan lainnya.

Berikut ini kalender akademik FKM UI pada Semester Gasal 2020/2021 yang terdapat pada SIAK-NG sebagai referensi:

A. Periode Perkuliahan dan Ujian

1. Kegiatan perkuliahan (UTS dan UAS) : 14 September 2020 – 15 Januari 2021

2. Ujian Akhir Semester (UAS) : 4 – 15 Januari 2021

3. Batas akhir pengunggahan nilai ke SIAK NG (kecuali Skripsi/Tesis/Disertasi) : 22 Januari 2021 (pukul 16.00 wib)

B.Batas Akhir Ujian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Penetapan Kelulusan

1. Batas akhir Ujian Proposal (untuk Sarjana) : 11 November 2020

2. Batas akhir Ujian Proposal (untuk Magister) : 11 November 2020

3. Batas akhir Ujian Proposal (untuk Doktor) : 15 Januari 2021

4. Batas akhir Ujian Hasil (untuk Magister) : 23 Desember 2020

5. Batas akhir Ujian Hasil (untuk Doktor) yang akan lulus semester berjalan : 18 November 2020

6. Batas Akhir Pendaftaran Ujian Skripsi/Tesis/Disertasi : 9 Januari 2021

7. Batas akhir Ujian Skripsi dan Tesis untuk diikutkan pada penetapan kelulusan semester berjalan : 16 Januari 2021

8. Batas akhir Ujian Promosi ; 19 Januari 2021

9. Batas akhir penyerahan berkas penetapan kelulusan ke bagian akademik : 23 Januari 2021

10. Rapat penetapan kelulusan

a. Tingkat Fakultas : 27 Januari 2021

b. Tingkat Universitas : 29 Januari 2021

11. Batas akhir pengunggahan karya ilmiah ke laman UI-ANA : 3 Februari 2021

Single Signed On

Sebagai informasi, bahwa di UI ada istilah SSO (single signed on). SSO ini digunakan untuk akses berbagai portal/website yang disediakan UI seperti SIAK-NG, EMAS, Email UI, Akses jurnal dan lain sebagainya. Username & password untuk SSO ini sangat rahasia dan bersifat pribadi ya, jangan di share ke orang lain. Password SSO perlu diperbarui setiap 6 bulan.

Single sign on_SSO UI

Itu dulu sharing dari saya ya selama kuliah semester 1 di tahun 2020 ini. Semoga bermanfaat.

You may also like...

10 Responses

  1. atria says:

    sore Ka, mau tanya. untuk perkuliahan s2 di ui secara daring mulainya dari hari apa saja dan jam berapa? saya ada rencana melanjutkan kuliah, tapi ragu karena sambil kerja.

    • Mba Atria,
      Untuk perkuliahan di S2 FKM UI jadwal kuliahnya Jumat sore mulai jam 16:00-18:30 WIB dan Sabtu full day mulai dari jam 07:30 WIB sampai jam 17:00 WIB. Kalaupun ada penyesuaian jadwal (sangat jarang terjadi, misalnya karena dosennya ada halangan) biasanya perkuliahan mata kuliah tsb diganti di hari lain di luar jam kerja.
      Jadi kalau kuliah S2 FKM UI sambil bekerja tidak ada masalah dan bisa jalan keduanya. Apalagi masa pandemi ini kuliah dilakukan secara daring semua, bahkan diperpanjang hingga Juli 2021 (bisa diperpanjang daringnya tergantung hasil review kondisi terbaru nanti).

      Salam,
      Muhyidin

  2. Faisal says:

    Siang, mau tanya untuk bop dan up program jarak jauh itu harganya sama dengan program regular mas ? dan ada program matrikulasi ?
    Salam

  3. dede says:

    kak saya mau tanya untuk biaya awalnya selain 24jt untuk bop dan up. apakah ada biaya lain kak. seperti pembangunan

  4. Faisal says:

    Salam kenal mas, saya Faisal, mau bertanya untuk jadwal kuliah hari jumat dimulai pukul 16.00, sedangkan saya bekerja sampai pukul 17.00. Apakah ada toleransi waktu, solusi atau ada program lain selain program reguler di jurusan k3 ini ? terima kasih

    • Salam kenal juga mas Faisal,
      Maaf kelewat reply nya. Selama pandemi ini kuliahnya online, jadi walaupun pulang kerjanya jam 17:00, kita bisa tetap kuliah (yang penting koneksi ke zoom perkuliahannya nyambung). Begitu pula dengan saya dan rekan-rekan, kalau misalnya kita masih kerja, tetap bisa kuliah selama terkoneksi dengan link zoom/MS Team perkuliahannya. Alhamdulilahnya sampai saat ini kuliah masih online, mungkin tahun 2022 baru bisa offline lagi. Lain halnya kalau sudah kuliah offline nanti, kalau pas jam kuliah, berarti kita harus hadir tepat waku (bisa izin ke kantor untuk pulan lebih awal dengan alasan kuliah).
      Di FKM UI juga ada kelas PJJ (pembelajaran jarak jauh), kalau ini memang sebagian besar kuliahnya memang online walaupun tidak sedang pandemi. Karena memang kelas PJJ ini khusus untuk kelas karyawan dan memang dan segi biaya kuliah lebih mahal dibandingkan kelas regulernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: