Trias Epidemiologi & Konsep Penyebab Penyakit Menular

Triad Epidemiologi
Bagikan

Trias Epidemiologi & Konsep Penyebab Penyakit Menular

Oleh: Muhyidin, SKM

Trias epidemiologi atau disebut juga dengan segitiga epidemiologi adalah model tradisional epidemiologi klasik yang merupakan teori penyebab penyakit infeksi yang diusulkan oleh John Gordon. Trias epidemiologi adalah hasil dari kekuatan dalam suatu sistem dinamik yang terdiri dari Agent (agen infeksi / penyebab penyakit), Host (pejamu / manusia), dan Environment (lingkungan). Pada konsep ini penyakit timbul akibat interaksi antara Agent, Host, dan Enviroment tersebut.

Teori trias epidemiologi merupakan salah satu teori multi kausal, dimana penyakit disebabkan oleh banyak penyebab (tidak hanya satu penyebab). Pada kosep single causation yang dimotori oleh Robert Koch (1843-1910) dimana Koch dapat membuktikan kausa primer suatu penyakit. Dalam Postulat Koch, kuman harus ada pada setiap kasus penyakit dan dapat dibuktikan melalui kultur. Kuman-kuman tersebut tidak ditemukan pada kasus kasus yang disebabkan oleh penyakit lain. Namun pada Postulat Koch ini terdapat kelemahan yaitu kausa primer selalu ada faktor-faktor lain yang memberikan kontribusi untuk menyebabkan timbulnya suatu penyakit dan penyakit disebabkan banyak faktor (multi kausa).

Penjelasan Trias Epidemiologi / Segitiga Epidemiologi

Pada individu yang sehat digambarkan dalam kondisi keseimbangan antara Agent, Host dan Environment. Penyakit terjadi karena ketidakseimbangan diantara ketiganya. Karakteristik Agent dan Host dan interaksi diantara keduanya tergantung pada kondisi Environment seperti kondisi fisik, sosial, ekonomi, lingkungan biologis dan lingkungan psikis.

  • Pada kondisi jumlah Agent bertambah banyak sehingga lebih berat ke kiri (Gambar kiri atas). Hal ini menunjukkan jumlah Agent / Penyebab Penyakit bertambah banyak sehingga timbul penyakit.
  • Pada individu atau Host / Pejamu yang memiliki kerentanan / suseptibel sehingga lebih berat ke kanan (Gambar kanan atas). Host yang memiliki kerentanan seperti daya tahan tubuh yang berkurang atau memiliki komorbid / penyakit peserta (misalnya hipertensi, diabetes, dll) sehingga timbul penyakit.
  • Pada kondisi tertentu, perubahan Environment / lingkungan dapat memicu jumlah Agent bertambah banyak sehingga timbul penyakit (Gambar kiri bawah). Kondisi ini terjadi pada periode pre-pathogenesis yang kadang berlanjut hingga periode pathogenesis. Contohnya yaitu ketahanan bakteri / virus terhadap sinar matahari dan stabilitas vitamin di dalam lemari pendingin.
  • Pada kondisi lainnya,perubahan Lingkungan dapat meningkatkan kerentanan Host (Gambar kanan bawah). Kondisi ini dimana Host secara langsung dipengaruhi oleh Lingkungan, tanpa mengindahkan faktor Agent. Contohnya yaitu ketika individu terpajan dengan udara dingin dan hujan sehingga bisa terserang flu.

Triad Epidemiologi

Faktor yang Terkait dengan Meningkatnya Risiko Penyakit pada Manusia

Jika dilihat dari trias epidemiologi di atas, kita akan lihat contoh dari masing-masingnya:

  1. Karakteristik Host: usia, jenis kelamin, ras, agama, budaya, pekerjaan, genetik, status pernikahan, latar belakang keluarga, penyakit sebelumnya, dan status imun.
  2. Tipe Agent: Biologi (bakteri, jamur, dan virus), Kimia (racun, alkohol, asap rokok), Fisika (trauma, radiasi, kebakaran), Nutrisi (kurang gizi, kelebihan gizi).
  3. Faktor Lingkungan: suhu, kelembaban, ketinggian, kepadatan, tempat tinggal, air, susu, makanan, polusi udara, kebisingan, dan vibrasi.

Contoh Trias Epidemiologi Pada Penularan HIV

Berikut ini contoh trias epidemiologi pada transmisi / penularan HIV / AIDS pada manusia (Gertsman, 2013) .

  1. Host: genetik pejamu, tahapan infeksi, terapi antiretroviral, infeksi saluran reproduksi, cervical ectopy, khitan pada pria, kontrasepsi, menstruasi dan kehamilan.
  2. Agent: Subtipe HIV (A, B, C, D, E), perbedaan fenotip, perbedaan genotip, resistensi obat antiretroviral.
  3. Environment: norma sosial, rata-rata perubahan partner seksual, prevalensi lokal / probabilitas pajanan, determinan sosial dan ekonomi atau perilaku yang berisiko.

 

Referensi:

Gertsman, Burts. 2013. Epidemiology Kept Simple 3rd Edition. Wiley-Blackwell.

Gordis, Leon. 2014. Epidemiology 5th Edition. Elsevier Saunders.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: