Rule No.6: Konklusi

konklusi
Ilustrasi foto: lektur.id
Bagikan

Rule No.6: Konklusi

Oleh: Ust.Deni Prasetio, SKM

Pabrik mobil Honda produksi Accord disertai buku petunjuk (manual book) agar consumer dapat mengoperasikannya. Di saat yang sama pabrik mobil Toyota membuat  Kijang dan manual booknya. Manual book Honda tidak bisa dipakai oleh pemilik Kijang begitupun sebaliknya. Masing-masing pabrik membuat manual book sesuai dengan ‘ciptaannya’. Contohnya rem tangan kijang ada di tangan sementara Accord ada di kaki.

Kita adalah mahluk ciptaan Allah. Diciptakan bersama dengan manual booknya yakni Al Quran. Jika menggunakan manual book selainnya sudah pasti tidak bisa berfungsi atau malah error. Jadi begitulah jika fungsi-fungsi manusia ingin berjalan dengan baik maka gunakan manual book dari penciptanya.

Kalimat diatas sering kita denger kalo ngaji jaman old, biasanya sebelum memulai materi Marifatul Qur’an atau Marifatul Insan pemateri kasi analogi seperti itu.

Ternyata manual book yang Allah berikan bukan hanya untuk hal-hal global seperti pelaksanaan syariat secara umum tapi sampai pada detil kehidupan. Bimbingan Allah bukan hanya pada perintah Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah (Al Jumuah : 10) tapi juga sampai pada rezeki yang disediakan. Mencari karunia Allah bukan berarti mencari karena tidak ada tapi mencari yang sudah ada atau lebih tepatnya memilih dari yang ada. Silahkan pilih dari pintu mana mau mendapat rezeki.

Bimbingan Allah bukan sekedar menganjurkan pernikahan Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. [QS. Ar-Ruum : 21]. Tetapi juga menyediakan jalan menuju ketentraman.

Siapa diantara kita yang punya pengalaman kerja sejak lahir? Tidak ada. Siapa diantara kita yang berpengalaman membina biduk rumah tangga sebelumnya? Tidak ada. Dunia kerja dan dunia rumah tangga adalah pengalaman baru bagi kita. Ada tuntutan untuk kerja maka tanpa pengalaman kita pun bekerja. Ada kewajiban menikah maka tanpa pengalaman kita pun menikah.

Jika hanya bermodalkan nekad sudah pasti error, orang akan coba-coba nikah. Nikah cerai, nikah cerai hingga berkali-kali bukanlah hal aneh. Habis waktu kita buat kondangan. Beruntung Allah kasi bimbingan sehingga manusia tidak nyasar. Mana bukti bimbingan tersebut? Kalian lihat hadits dibawah ini :

Allah Ta’ala berfirman, “Siapa saja yang memusuhi wali-Ku, maka aku mengumumkan perang terhadapnya. Tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai dibandingkan amal yang Aku wajibkan kepadanya. Dan tidaklah hamba-Ku terus-menerus mendekatkan diri kepada-Ku dengan amal-amal sunnah, sampai Aku mencintainya. Jika Aku sudah mencintainya, Aku menjadi pendengaran yang dia gunakan untuk mendengar; menjadi penglihatan yang dia gunakan untuk melihat; menjadi tangan yang dia gunakan untuk memegang; dan menjadi kaki yang dia gunakan untuk berjalan. Jika dia meminta kepada-Ku, sungguh akan Aku beri. Jika dia meminta perlindungan kepada-Ku, sungguh akan Aku lindungi.“ (HR. Bukhari no. 6502)

Lihat kalimat yang dibold. Tugas hamba itu adalah menjalankan ibadah wajib dan sunnah. Jika sunnah dikerjakan terus menerus, tidak temporer maka Dia akan mencintainya. Kalo Allah cinta maka hamba tersebut akan mendengar dengan pendengaranNya, melihat dengan penglihatanNya, memegang dengan tanganNya, berjalan dengan kakiNya. Ini namanya bimbingan. Mana ada pemeliharaan melebihi pemeliharaan Allah?

Seorang ibu yang menjaga bayinya dengan kasih sayang saja masih bisa teledor. Jatuh dari kasur lah, kejedot pintu lah, atau kesiram air panas lah masih terjadi. Tapi Allah menjaga hambaNya  tidak setengah2, full. Dan Dia tidak tidur dalam penjagaanNya, boro-boro tidur ngantuk aja tidak.

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. (Al Baqarah : 255)

Yang lebih menakjubkan lagi dalam hadits diatas adalah kalimat Jika dia meminta kepada-Ku, sungguh akan Aku beri. Tidak ada syarat apapun karena cinta memang tak bersyarat.  Raih cinta Allah maka kalian akan mendapat apa yang kalian inginkan.

Kemarin ada yang japri saya perihal hubungannya dengan istri, kenapa jadi suami gak didengerin ama istri, gak dihormati olehnya. Saya bahas disini ya… Itu karena istri hanya melihat sosok manusia pada diri kalian. Istri hanya melihat dua telinga berbentuk rumah siput yang berisi gendang telinga, hanya melihat dua mata yang berisi kornea, dan hanya melihat kaki dan tangan dengan 5 jari di ujungnya. Tidak ada pendengaranNya, penglihatanNya, bahkan kaki dan tanganNya pun tidak ada pada diri kalian. Lalu apa yang harus dibanggakan? Kalau manusia hanya terdiri dari sekumpulan daging, Jonathan Christie jauh lebih muda, lebih atletis, dan lebih ganteng daripada bapak-bapak di grup ini. Lebih bagus dia kemana-mana.

Itu sebabnya seorang Lina walau uda didroping 200 juta perbulan memilih cerai dari komedian Sule. Sesosok tubuh jika dibandingkan dengan tubuh lainnya selalu ada yang lebih gres.

Begitupun sebaliknya jika ibu-ibu2 di grup ini tidak memiliki pendengaran, penglihatan, kaki dan tangan Ilahi apa yang mau dibanggakan? uda gendut, gak glowing, kulit kasar, bau bawang, uban dan keriput muncul disana sini. Dibandingin Chelsea Islan uda kayak bandingin lapisan ionosfer dengan sumur.

Wah curang… pas ngomongin bapak-bapak gak bawa-bawa fisik tapi giliran ibu-ibu semua fisik lengkap disebut. Sst… Itu biar inner beauty nya Chelsea Islan makin jelas terasa. Kalo cuma sekilas gak bisa jadi hiperbola perbandingannya. Tapi dia kan orang kafir emang gak ada muslimah yang lain buat jadi contoh sepeti Luna Maya gitu ?

Kalian tau Syarif Hidayatullah yang dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati. Dalam dunia wali songo beliau pemimpinnya. Beliau lahir dari Syarif Abdullah Umdatuddin bin Ali Nurul Alam dari Mesir yang beragama Islam dan Nyi Mas Rara Santang dari kerajaan Pajajaran yang beragama Sunda Wiwitan. Jadi dulu ibunya orang kafir, musyrik malahan tapi kemudian masuk Islam setelah menikah dan akhirnya melahirkan ulama besar.

Jelas ya emak-emak… Jadi jangan pada protes kalo saya bandingin ama Chelsea Islan, lebih baik doain saya aja gitu. 🤣🤣

Adapun LM gak pernah saya jadiin contoh dalam materi coz sepak terjangnya yang menjijikan. Lha yang itu kan uda lama bang, lagian katanya kan mirip ? ee.. siapa bilang. Reino Barack putus hingga nikah sama syahrini karena dia tau LM masih melakukan perbuatan nista. Jadi waktu masih pacaran LM pernah dijebak dibooking oleh temennya Reino. LM datang ke kamar hotel dimana Reino dan temannya ada disana, nah ketauan deh. Kalo di media disebut ada satu kesalahan LM yang tak bisa dimaafkan oleh keluarga Reino. Iya yang ini… Ngakunya uda tobat gak taunya liat duit suka bergoyang.

Waah qo tau ? Ada temen istri yang sodaraan ama Reino trus cerita begini. Ups..malah gosip.  🤭 Ini sih gara-gara ada yang nanya. Emang siapa sih yang nanya ? Oo.. otak kiri saya. 🤔

Okee back to materi. Kenapa ada istri/suami tidak menghargai dan menghormati pasangannya. Karena tidak ada cinta Allah pada dirimu. Jika Allah mencintai hambaNya yang terjadi adalah :

 Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi ﷺ  bersabda : “Apabila Allah mencintai hamba, maka Jibril dipanggil :

“Sesungguhnya Allah mencintai Fulan, maka cintailah ia”. Maka Jibril mencintainya. Lalu Jibril memanggil penghuni langit : “Sesungguhnya Allah mencintai Fulan, maka cintailah ia”. Maka penghuni langit mencintainya, kemudian di bumi ia menjadi orang yang diterima”. (HR Bukhari)

Allah kalo mencintai hambaNya maka Dia akan ngomong kepada Jibril trus Jibril ngomong ke penghuni langit dan mereka pun mencintai hamba tersebut kemudian penduduk bumi pun mencintainya pula. Penduduk bumi itu termasuk pasangan kita. Emang segampang itu hubungan rumit dalam rumah tangga selesai dengan mahabatullah (cinta Allah) ? Iyalah.. Kecuali istri kalian berasal dari planet Namek maka teori mahabatullah ini tidak berlaku.

Dan tidak ada ibadah sunnah yang lebih dicintai Allah daripada sholat malam. Lakukan sholat ini

kemudian pertahankan ibadah ini maka pasanganmu akan amat sangat mencintai dirimu.

Sholat malam itu luar biasa. Hanya bisa dilakukan oleh orang2 luar biasa demi mendapat ganjaran luar biasa. Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (Al Isra : 79).

Ada yang rajin sholat dhuha, biar rezekinya nambah katanya. Padahal Ria Ricis youtuber beromzet miliaran sempat jenuh hingga pernah posting berhenti dari aktivitasnya. Raffi Ahmad kerjaannya seabreg2 apalagi duitnya, apa yang diinginkan bisa kebeli tapi baru 2 tahun berumah tangga uda ribut mau pisah ama bininya.

Tapi jika kalian rutin sholat tahajud hingga Allah angkat derajatmu ke tempat yang terpuji. Pekerjaanmu takkan membuat keluargamu berantakan dan hartamu takkan membuat pertengkaran. Ini namanya berkah, sesuatu yang dicari2 orang. Namun Allah bukan hanya menjanjikan keberkahan dalam sholat tahajud. Dia menjanjikan tempat yang terpuji. Pelakunya diangkat ke tempat terpuji. Jadi apapun yang dilakukan oleh musholli ini selalu terpuji. Entah sikapnya, perilakunya, bicaranya maupun niatnya. Apa yang dimilikinya pun menjadi terpuji termasuk harta dan keluarganya.

Jadi kalo ada yang japri saya tanya kenapa istrinya tidak menghargai dirinya sebagai kepala keluarga. Jawaban saya karena tidak ada cahaya Ilahi pada dirimu. Strata dirimu bukanlah tempat terpuji. Boleh jadi jabatanmu di dunia adalah manager tapi di akhirat engkau tak lebih dari OB. Jika istrimu adalah karyawan tentu dia akan lebih menghormati direksi daripada OB. Upgrade dirimu ke tempat terpuji.

Kalo ada yang curhat ke saya tentang ekonomi keluarga yang sulit sementara kebutuhan semakin meningkat. Komentar saya itu karena tidak ada ibadah sunnah rutin yang engkau kerjakan. Sehingga tatkala engkau meminta kepada Allah maka Dia mengacuhkanmu.

Kalo ada yang cerita si fulan mau cerai, saya katakan mereka adalah suami istri yang tidak membiasakan sholat tahajud. Ini fakta, pernah viral di status FB seorang pegawai pengadilan agama. Selama 5 tahun bekerja di PA, katanya, 80% perceraian terjadi karena suami/istri yang tidak sholat. Nabi ﷺ meng-guarantee rahmat Allah bagi sepasang suami istri yang bangun melakukan sholat malam. Emang kalian pikir keluarga yang penuh rahmat bakal terjadi divorce?

Maka tak heran jika ibadah ini tidak pernah ditinggalkan oleh Nabi ﷺ walaupun sedang safar. Sholat rawatib selalu dikerjakan Nabi ﷺ jika sedang mukim, tidak dalam kondisi safar. Namun sholat tahajud selalu dikerjakan Nabi ﷺ dalam kondisi apapun.

Kita safar atau tidak tetep gak bangun sampai muazin teriak asholatu khoiru mina naum. Nanti jika rumah tangganya goyah dengan bijak ngomong “cerai adalah perkara halal yang dibenci Allah”. Itu kalo cerai lalu kalo sholat tahajud gimana masbro…?

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: