Kaum Luth dan Waktu Malam

Kaum Luth dan waktu malam
Ilustrasi foto: merdeka.com
Bagikan

Kaum Luth dan Waktu Malam

Oleh: Ust.Deni Prasetio, SKM

Ada perintah malaikat kepada nabi Luth dan pengikutnya,

Maka segera adakan perjalanan malam bersama keluargamu di sebagian waktu malam, (Hud : 81)

Lagi2 kita ketemu dengan kata sebagian waktu malam. Di waktu inilah ada peristiwa yang takkan terlupakan oleh pengikut Luth seumur hidupnya, yakni diselamatkan dari adzab. Sama halnya dengan peristiwa yang diingat oleh Bani Israil saat melarikan diri dari Firaun.

Dan Kami wahyukan (perintahkan) kepada Musa: “Pergilah di malam hari dengan membawa hamba-hamba-Ku (Bani Israil), karena sesungguhnya kamu sekalian akan disusuli”. (Asy Syuara : 52)

Kita bahas apa aja dalam Al Quran ketemunya dengan waktu malam. Ini uda seperti office hour bagi pekerja. Mau ada dimana aja jam 8 -17 adalah waktunya kerja. Eri yang duluan liat matahari terbit maupun Lina yang belakangan ngeliat matahari terbenam tetap bekerja pada office hour.

1/3 malam terakhir adalah waktu terdekat antara kita dengan Allah karena pada waktu itulah Dia turun ke langit dunia. Turunnya Allah bukan hanya terjadi dimasa kenabian Muhammad ﷺ saja tapi sejak manusia pertama ada di bumi. Jadi gak usah heran jika ada peristiwa besar yang terjadi pada malam hari. Yang mengherankan adalah kenapa masih ada lambung orang beriman yang nempel ke kasur pada waktu tersebut.

Sesungguhnya setiap Nabi memiliki suatu malam sebagai peristiwa penting pada dirinya. Nabi Musa ada malam di bukit Thursina, Nabi Muhammad ﷺ ada malam Isra Miraj, sementara kita ada malam lailatul qadr.

sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan. (Ad-Dukhan : 3)

Plus 1/3 malam terakhir di tiap malam. Iya segitu sayangnya Allah kepada kita maka dijadikan tiap malam sebagai waktu yang mustajab untuk munajat.

Kemungkinan kabar siksa bagi kaum Sodom datang sekitar jam 1 dini hari, pada awal dari 1/3 malam terakhir. Coz itu adalah waktu yang mendekati Subuh sesuai dengan keterangan malaikat, “Sesungguhnya janji turunnya siksa itu saat waktu SUBUH. Bukankan waktu Subuh itu sudah dekat.”

Malaikat datang sejak maghrib sedang azab turun di waktu subuh, kenapa datangnya gak di waktu sahur aja yang dekat subuh ? Begitulah rahman dan rahiimnya Allah kepada manusia. Kaum yang uda mau diazab aja masih ditungguin tobatnya. Disamping itu malaikat memberi space WAKTU bagi Luth dan pengikutnya untuk melakukan persiapan dalam perjalanannya.

Jadi ingat ya.. memberi waktu adalah bagian dari pembelajaran orang beriman. Suami jangan buru2 ingin istrinya berubah setelah diberi nasehat, berikan waktu dahulu. Pun demikian dengan istri jangan pengen suami cepat berubah, berikan waktu. Retaknya rumah tangga karena masing2 pihak merasa waktu yang telah diberikan kepada pasangannya agar berubah sudah habis. Makanya sering ada ungkapan pada pasangan divorce, “kami telah berupaya agar satu sama lain saling memahami tapi selama sekian tahun tidak juga berubah dan akhirnya kami memutuskan untuk berpisah secara baik2”. Ini bangun rumah tangga uda kayak mau ngazab satu kaum, pake dibatasi waktunya.

Jangan begitu… pemberian waktu kepada pasanganmu adalah bagian dari kasih sayangmu kepadanya.

Ortu juga jangan maunya punya anak yang nurutin nasehat tanpa memberikan waktu. Atau jika ada dari kalian yang jadi murobbi maka berikan waktu kepada anak didikmu untuk berubah. Karena untuk mengazab suatu kaum saja Allah memberi waktu kepada mereka, masa iya untuk kebaikan kita tidak memberikan waktu.

Dan begitulah.. dahulu saat malam hari dimana Firaun dan tentaranya tidur, nabi Musa dan Bani Israil menjalankan perintah Allah yakni pergi dari Mesir.

Sebelumnya, saat 1/3 malam terakhir dimana penduduk Sodom tidur, nabi Luth dan pengikutnya menjalankan perintah Allah yakni meninggalkan Sodom.

Kini saat malam hari dimana kebanyakan penduduk bumi tidur, kita ikut tidur pula. ??

Yang terjadi adalah Allah selamatkan Musa dan Bani Israil sebagaimana telah diselamatkan pula Luth dan pengikutnya karena mereka menjalankan perintahNya. Sementara kita masih berkutat dengan hutang yang tak terbayar, kebutuhan yang tak terpenuhi, dan keinginan yang tak tercapai. ??

Bandung Bondowoso hebat bisa bangun 999 candi dalam semalam. Tapi jika Lara Jonggrang minta dia bangun malam sholat 11 rakaat selama 1 bulan, dia gak bakal sanggup. Coz bangsa jin gak bisa dimintai pertolongan sebagaimana menolong bikin candi. Ini cerita mitos aja masih realistis. Yang bikin cerita juga tau kalo bikin infrastruktur yang megah tidak lebih susah daripada bangun malam. Begitulah susahnya mendapat qaulan tsaqila.

Kalo si eneng ngomong gini kepada bapak2 di grup : “siapa yang sholat malam 11 rakaat selama 3 bulan penuh boleh melamar eneng.” Saya yakin tetap ada yang tidur. Bukan karena dia cinta mati ama istrinya sehingga gak mau menduakan. Tapi yang namanya sholat malam pasti diganggu oleh setan. Kisah Rasulullah ﷺ yang diganggu oleh setan hingga setan diikat ditiang adalah saat melaksanakan sholat malam. Ada banyak sholat yang dilakukan Nabi ﷺ tapi setan hanya ganggu di saat sholat malam.

Lupakan si eneng daripada ribut sesama sodara ada penawaran bidadari yang lebih cantik untuk dipinang.

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa mendapat kemenangan, (yaitu) kebun-kebun dan buah anggur, dan gadis-gadis remaja yang sebaya, dan gelas-gelas yang penuh (berisi minuman). (An Naba : 30-34)

Al Quran mensifati bidadari dengan kata kawaa’ib.

وَكَوَاعِبَ أَتْرَابًا

dan gadis-gadis remaja yang sebaya, (An Naba : 33)

Lafal Kawaa’ib bentuk jamak dari lafal Kaa’ib (gadis remaja). Mata kaki dalam bahasa Arab disebut ka’bun (كَعْبٌ)  karena ada sesuatu yang menonjol tidak besar tapi porsinya pas di kaki. Begitu pasnya bentuk mata kaki di kaki maka tidak ada orang yang operasi memperbesar atau mengecilkan mata kaki. Beda dengan bentuk hidung, pipi, dll yang jadi obyek oplas kaum wanita. Tonjolan di mata kaki ini keras, coba aja kalian pegang. Sampai usia tua pun tonjolan ini tetap keras. Bidadari disifati dengan kaa’ib yang memiliki akar kata yang sama dengan ka’bun. Karena pada bagian tubuh bidadari ada tonjolan dengan bentuk yang pas dan keras (kencang) sebagaimana tonjolan pada kaki. Tafsir al-Jalalain menerjemahkannya dengan gadis-gadis yang buah dadanya sedang ranum-ranumnya. Paham ya ? saya mau nulis lebih jelas malu ada emak2. Sebetulnya ada lagi yang mau saya bahas mengenai kawaa’ib ini cuma rada vulgar, nanti aja kalo ada yang silaturahim.

Usia si eneng sekarang 24 tahun masih kalah muda ama bidadari yang disebut gadis remaja. Tiap tahun dia akan tambah tua sementara bidadari tetap muda. Kulitnya akan keriput sementara bidadari tetap kencang sebagaimana kencangnya mata kaki. Kalo bidadari ngomong “Pinang aku dengan 11 rakaat sholat malam”, apa kalian minat ?

Bidadari itu dilingkupi oleh munajat malam, bahkan kenikmatan surga diliputi oleh ibadah malam. Dalam surah an Naba ini misalnya, kenikmatan taman surga, makanan minuman, dan bidadari khusus disediakan untuk orang bertakwa. Dan tak satupun dari orang bertakwa yang tak melazimkan ibadah malam.

Ayana cuma satu, ada disini bakal jadi rebutan sementara bidadari ada banyak. Ngelamar dia butuh jabatan prestise, duit segepok disaku dan 11 digit di rekening, serta rumah di menteng. Namun ngelamar bidadari cuma butuh bangun malam.

So… bangunlah di waktu malam agar hidupmu selamat sebagaimana Allah telah selamatkan Bani Israil dan pengikutnya Luth.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: