Kebaikan itu Memanggil

Kebaikan Itu Memanggil
Ilustrasi foto: inilahbanten.co.id
Bagikan

Kebaikan itu Memanggil

Oleh: Ust.Deni Prasetio, SKM

Dalam Al Quran amalan sholat sering digandengkan dengan amalan zakat. Yang saya tau bahwa ibadah dalam Islam tidak boleh dipisah2. Yang ngerjain sholat harus menunaikan zakat. Itu pemahaman saya dulu. Sampai kemarin dapat ilmu baru. Ternyata kebaikan itu seperti semut. Setelah menemukan sumber makanan dia memanggil teman2nya. Kebaikan itu memanggil kebaikan lain untuk dikerjakan !

Itulah nasehat Urwah bin Zubair rahimahullah sebagaimana yg diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannafnya jilid 19 hal. 403:

إِذَا رَأَيْت الرَّجُلَ يَعْمَلُ الْحَسَنَةَ فَاعْلَمْ، أَنَّ لَهَا عِنْدَهُ أَخَوَاتٍ، فَإِنَّ الْحَسَنَةَ تَدُلُّ عَلَى أُخْتِهَا، وَإِذَا رَأَيْته يَعْمَلُ السَّيِّئَةَ فَاعْلَمْ، أَنَّ لَهَا عِنْدَهُ أَخَوَاتٍ، فَإِنَّ السَّيِّئَةَ تَدُلُّ عَلَى أُخْتِهَا.
“Jika kamu melihat seseorang melakukan suatu kebaikan maka ketahuilah bahwa kebaikan itu punya saudara di sisi orang itu, karena satu kebaikan akan memberitahu saudaranya yang lain.
Begitu pula kalau dia melakukan keburukan maka ada saudara si keburukan itu di sisi orang itu, karena satu keburukan akan mengarahkan pada saudaranya yang lain.”

Jika seseorang rajin mengerjakan sholat dengan segala turunannya (baca sholat sunnah) maka dia pasti rutin berzakat dengan segala turunannya pula. Jika dia rutin bersedekah maka pasti rutin berpuasa. Maka ketika kalian enggan sholat malam itu menjelaskan kenapa hanya 40 orang dari 65 anggota grup ini (jumlah pada saat itu) yang merespon santunan yatim dan dhuafa FKMUI.

Ane gak punya duit bang, waktu itu banyak keperluan yang harus ditunaikan bang, begitu jawabannya. Tidak. Bukan itu alasan sebenarnya. Setiap orang disini kalo saya wapri pasti nyahut walau membutuhkan waktu lama. Kenapa ? Karena dipanggil.

Kenapa amal sedekah tidak muncul saat diperlukan ? karena amal sholat gak memanggilnya. Coz jika sholat kalian benar pasti akan memanggil ibadah sedekah. Dan akan memanggil ibadah puasa, haji, dan ibadah2 lainnya.

Tapi ada yang sudah haji dan umroh tergeraknya untuk haji dan umroh lagi bukan untuk sedekah. Itu karena haji dan umrohnya masih silent belum getar apalagi bersuara untuk memanggil ibadah lainnya. Atau bahasa awam haji dan umrohnya belum mabrur.

Yang sering kita jumpai adalah orang kaya rajin puasa dan zikir tapi enggan bersedekah. Yang sering kita jumpai adalah aktivis rajin dakwah, ngisi kajian disana sini tapi susah bangun malam. Yang sering kita temui orang tua rajin zikir tapi enggan berdakwah hatta kepada keluarganya. Ibadah mereka menjomblo, demennya sendirian. Ke family gathering sendirian, ke kondangan sendiri, bahkan ngucapin selamat idul fitri pun sendirian.

Ibadah yang baik akan menggandeng ibadah lain. Dari sini kita memahami kenapa setelah menyebut keimanan dan ketaatan, Al Quran menyebut kata sholat, puasa, zikir, dan memelihara kehormatan.

Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. (Al Ahzab : 35)

Seorang muslim jika benar imannya maka hidupnya penuh dengan amal2 kebaikan. Keislamannya memanggil keimanan, dan keimanannya memanggil sabar, memanggil sholat, sedekah, puasa, zikir, dan amal2 sholih lainnya.

Beramal yang benar itu seperti pedagang yang tiap Rabu dan Sabtu terpanggil untuk posting dagangan. Satu orang posting, yang lain ikut posting. Mirip skema MLM, setiap amal memiliki jaringan amal lainnya.

Kalian tau Nikita Mirzani ? Kalo gak tau tanya Mustakim 🤭🤭
Kenapa dia gagal hijrah, kemarin pake hijab sekarang pamer paha ? Karena dia hanya ganti penampilan bukan melakukan amalan tobat. Coz tobat yang benar akan membawa seseorang kepada ibadah zikir, sholat, amar maruf nahi munkar, dan menjaga hukum2 Allah lainnya.

Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang ruku’, yang sujud, yang menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu. (At Taubah : 112)

Orang yang hijrah akan cari teman yang baik untuk menjaga keislaman dan keimanannya. Melakukan ibadah2 sunnah agar dicintai Allah, melakukan amal2 sholeh agar imannya meningkat. Ini tobat yang bener. Hijrah itu bukan sekedar ganti penampilan. Yang plontos pake jilbab, yang koloran pake sarung. Bukan. Tobat itu sebuah ibadah yang jika dikerjakan dengan benar maka akan memanggil ibadah lainnya. Satu kebaikan yang dikerjakan akan memanggil kebaikan lain untuk menghampirinya.

Paham ya ? jadi besok2 kalo Arief Maulana, SKM, MEpid bawa proposal santunan dan tak ada hatimu tergerak maka periksa sholatmu, puasamu, atau umrohmu. Emang bang Deni kemarin ikut nyumbang ? saya itu kalo gak punya uang bawa kehadapan Allah. Beberapa bulan lalu ada ikhwah pinjem duit 1 juta buat biaya sekolah anaknya. Saya bilang gak punya duit dan malem2 selanjutnya saya curhat kepada Allah, “Ya Ghaniy jangan Engkau biarkan orang menyampaikan kebutuhannya kepadaku tanpa aku dapat memenuhinya”.

So.. Jika Nikita Mirzani bercelana pendek bisa nyumbang 100 juta saat pandemi sementara yang berhijab tak bergeming untuk sedekah walau sebutir kurma.
Jika sebuah proposal tak membuat hatimu tergerak dan jika keheningan malem juga tak membuatmu bangun maka periksa imanmu, jangan2 ia telah pergi meninggalkan dirimu. 😢

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: