Perbedaan Keselamatan Kerja & Keselamatan Proses

Perbedaan Keselamatan Kerja & Keselamatan Proses
Ilustrasi foto: ichemeblog.org
Bagikan

Keselamatan Kerja dan Keselamatan Proses

Daftar Isi

Apa bedanya antara Keselamatan Kerja (occupational safety) & Keselamatan Proses (process safety)? Mungkin sebagian orang ada yang belum tahu atau masih bingung membedakan keduanya. Berikut ini penjelasan singkatnya.

Keparahan Bahaya

Keselamatan kerja mencakup keselamatan tempat kerja, termasuk keselamatan personel dan masalah keselamatan pekerja individu yang mungkin timbul dari bahaya seperti terpeleset dan jatuh.

Sebaliknya, keselamatan proses berkaitan dengan pencegahan masalah keselamatan ekstrem yang dapat muncul di fasilitas yang menangani bahan berbahaya, seperti bahan kimia, gas, dan minyak. Meskipun fasilitas ini juga memiliki masalah keselamatan kerja, keselamatan proses berkaitan dengan hal-hal yang timbul dari bahaya besar, seperti kebocoran gas, ledakan, dan kebakaran yang tidak terkendali.

Siapa yang Dilindungi

Karena keselamatan proses berkaitan dengan situasi darurat, ini melindungi masyarakat — tidak hanya pekerja di fasilitas tetapi siapa pun di gedung / bangunan / area sekitar yang dapat terpengaruh oleh peristiwa yang merusak.

Di sisi lain, keselamatan kerja difokuskan hanya untuk melindungi pekerja dari penyakit atau cedera. Insiden keselamatan kerja jauh lebih tertahan dan terlokalisasi.

Monitoring

Sesuai dengan namanya, keselamatan proses memastikan berfungsinya proses fasilitas dengan baik. Bergantung pada tempat kerja, pemantauan keselamatan proses mungkin melibatkan pemeriksaan rutin pelepasan bahan kimia, energi, dan tingkat kontaminan untuk memastikan bahwa bahaya tetap terkontrol dengan benar.

Pemantauan keselamatan kerja berkaitan dengan fitur lingkungan kerja yang berinteraksi langsung dengan pekerja. Ini mungkin termasuk memastikan bahwa jalan setapak dan tangga dirawat dengan baik dan memeriksa pelindung mesin untuk memastikan bahwa mereka dipasang dengan benar dan dalam kondisi yang baik.

Biaya

Karena sifatnya, insiden keselamatan proses juga lebih jarang terjadi daripada masalah keselamatan kerja. Dan meskipun benar bahwa biaya yang terkait dengan keselamatan proses jauh lebih tinggi daripada biaya yang datang untuk memastikan keselamatan kerja, biaya untuk tidak waspada tentang keselamatan proses bisa sangat mahal seperti terjadinya ledakan, kebakaran, tumpahan bahan kimia yang besar ke lingkungan, dsb.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: