Istri, Harta yang Berharga walaupun Bekas

Istri harta yang berharga
Ilustrasi foto: ruangmuslimah.co
Bagikan

Istri, Harta yang Berharga walaupun Bekas

Oleh: Ust.Deni Prasetio, SKM

“Ente kalo tidur berdua istri kan ?” tanya saya pada Agus yang uda haji.

“Kadang berempat bang,” jawab Agus. Telinga saya gak salah denger Agus ngomong begini. Belakangan saya mikir anaknya kan 3, harusnya dia bilang berlima kalo 4 satu lagi dikemanain ? 🤔  Atau mungkin yang kecil dianggap anak bawang jadi gak diitung kayak anak SD main tap jongkok. Aah… sudahlah, biarlah yang satu itu jadi rahasia Agus gak usah kita kepo terhadapnya.

“Iya tapi yang terakhir tidur kan ente berdua istri” tegas saya. Agus mengiyakan.

“Pernah gak mengucapkan terima kasih kepada istri ?” tanya saya lagi. Kali ini Agus diem bukan karena mikirin kemana anak yang satu lagi.

Kalo pertanyaan ini saya tanyakan ke ikhwah disini mayoritas jawabannya akan sama. Jikapun suami dari emak2 disini saya tanya jawabannya akan sama.

Bangsa ini emang minim rasa syukur. Kivlan Zein sumbangsihnya luar biasa kepada negeri ini. Terakhir dia bebasin 10 WNI yang jadi sandera dari tangan kelompok Abu Sayyaf di awal pemerintahan Jokowi. Sekarang malah jadi terdakwa. Bung Tomo jasanya luar biasa dalam mengobarkan semangat juang pada 10 Nopember. Pernah konflik dengan ibu negara Tien Soeharto yang pengen bangun TMII. Gara2 ini Soeharto penjarain dia. Gila memang… orang yang sudah mempertaruhkan jiwa raganya demi negara masih dianggap pengkhianat.

Kita jangan ngikutin orang model begitu. Kabarnya Soeharto akhirnya kawin diem2 ama Rahayu Effendi dapet anak Dede Yusuf yang kemarin jadi cagub Jabar. Dulu waktu Dede Yusuf jadi wagubnya AH dibecandain ama PKS minta bantuan aja ama cendana, dia tersenyum. Masalahnya apakah perkawinan ini awalnya diketahui oleh bu Tien atau tidak, itu yang kita tidak tau.

Model Jokowi lain lagi, dia emang tidak kawin lagi setidaknya sampe sekarang. Namun kemarin saat kampanye istrinya kejengkang dia diem aja malah sibuk selfie. 😱

Mereka memang bukan orang baik, setidaknya kepada keluarganya. Tidak seperti yang disabdakan oleh Baginda Nabi ﷺ

Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik sikapnya terhadap keluarga. Dan aku adalah yang terbaik di antara kalian terhadap keluargaku. (HR Ibnu Majah)

Istri uda dampingi suami bertahun2, cuciin bajunya, besarin anak2nya, bikinin masakan, dan seabreg2 pekerjaan lainnya. Minimal tiap malam saat berdua suami ucapin terima kasih kepada istrinya.

“Terima kasih yank sudah menjadi bagian dari hidupku”

“Terima kasih yank sudah mau bersamaku selama ini”

Itu ucapan saya kepada istri kalo berduaan. Coba kalian ngomong seperti itu sambil genggam jarinya niscaya istrimu akan semakin cinta kepadamu.

Sampaikanlah pesan kebaikan kepada kaum wanita karena sesungguhnya wanita itu diciptakan dari tulang rusuk, dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atasnya. Jika kalian ingin meluruskannya, maka kalian mematahkannya, jika kalian biarkan saja, niscaya ia akan tetap bengkok. (Muttafaq ‘Alaih).

Menghadapi istri bukan dengan ketegasan karena akan mematahkannya. Kalian boleh saja bersikap tegas di kantor. Kalian boleh saja teguh pendirian dalam bersikap. Tapi kalo dihadapan istri buang semua perilaku tersebut. Berapa banyak kalian liat seorang wanita yang tadinya sayang banget ama suaminya hingga diberikan segalanya termasuk semua harta benda. Namun begitu hatinya tersakiti, dia menjadi orang yang paling benci dengan suaminya. Walau harus sengsara gara2 cerai tidak masalah bagi dirinya.

Begitulah jika tulang rusuk sudah patah tak mungkin bisa disambung.

Pada dasarnya semua istri menjadikan suami sebagai sandaran hidupnya. Ada istri yang sudah tidak memiliki ortu seperti Siti Rachmah, Siti Winarni, dan Feranita (kalo yang ini sejak kuliah). Istri kalo bukan kepada suami, kepada siapa lagi akan bersandar ? Maka jika suami berperan sebagai pengganti ortu dalam menyayangi, melindungi dan menjaganya sudah pasti istri taat kepada suami.

Sayangi istrimu maka dia akan memberikan ketaatannya padamu. Yang perlu kalian perhatikan kasih sayang ini harus diungkapkan. Perempuan butuh ucapan. Itu sebabnya perempuan ke mall yang niat awalnya mo liat2 doang pas pulang bisa bawa banyak belanjaan, gara2 omongan penjaga toko.

Kalo kalian sayang pada istri ungkapkan dengan kata2. Kalo kalian cinta kepada pasangan buktikan dalam genggaman tangan.

Kalo kalian belum memiliki rasa sayang kepada istri tetap ungkapkan dengan kata2. Coz boleh jadi ada suami yang perasaannya biasa saja kepada istri tapi saat istri memperlihatkan rasa cinta yang luar biasa gara2 ungkapan cinta dari suami akhirnya tercipta rumah tangga penuh cinta. Berumah tangga gak sulit2 amat. Asalkan ada yang memulai duluan pasti tercipta keharmonisan. Dan kalian laki2 harus memulai lebih dahulu. Jangan kalo ngelepas syahwat aja berani duluan, giliran disuruh ungkapin kasih sayang gak bisa.

Tapi ane orangnya gak romantis bang… Siapa pula yang nyuruh kalian jadi orang romantis. Yang saya minta jadilah orang jujur. Ngomong jujur kalo pilpres kemarin curang, ngomong kalo situng KPU uda direkayasa, ngomong kalo lembaga survey uda dibayar. Ups… keceplosan. 🤭  Maksud saya kalian ucapkan terima kasih atas sumbangsih sang istri selama ini. Ucapkan permohonan maaf atas ketidakmampuanmu membahagiakannya.

Jika liat orang lain ngajak keluarganya jalan2 naik mobil. Maka Ferry kudu ngomong ke Fani, “Maaf ya dik, belum bisa beli stiker family untuk mobil Velfire pengganti mobil APV yang kemarin dijual”.

Agus juga kudu ngomong ke Rachma, “Maaf yang dek, sejuta impian untuk mengganti mobil sejuta umat yang kemarin dijual belum terwujud”.

Sigit juga harus ngomong… eeh gak usahlah cukup genggam erat tangan Arina seraya cium tangannya sambil berkata. “terima kasih”. Nanti kalo Arina tanya, “terima kasih untuk apa ?” Jawablah, “untuk telah menjadi separuh jiwaku”.

Begitulah cara menghadapi tulang rusuk yang bengkok. ❤

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: