Cara Memperbaiki Kesalahan “the response is not a valid JSON response” di WordPress

not a valid JSON response
Ilustrasi foto: shannyratman.com
Bagikan

Cara Memperbaiki Kesalahan “the response is not a valid JSON response” di WordPress

Oleh: Trishan Mehta

Anda membuat konten di editor WordPress tetapi dokumen gagal diperbarui. Faktanya, Anda melihat pesan kesalahan yang mengatakan ” Pembaruan gagal. Pesan kesalahan: Tanggapan tersebut bukan tanggapan JSON yang valid . ” Sebelum Anda panik, izinkan saya meyakinkan Anda bahwa kesalahan ini dapat diatasi dengan mudah sehingga Anda tidak kehilangan kerja keras Anda.

Mengapa terjadi kesalahan “respons bukan respons JSON yang valid”?

Mungkin ada beberapa alasan mengapa kesalahan ini terjadi. Posting ini menggali setiap alasan dan menawarkan banyak solusi untuk menyelesaikan masalah.

Nonaktifkan editor Blok dan kembali ke editor Klasik

Editor klasik WordPress
Lama masih Emas di WordPress

Kesalahan “Pembaruan gagal. Pesan kesalahan: Tanggapan tersebut bukan tanggapan JSON yang valid. ” sangat terlihat di editor Blok baru bernama Gutenberg.

Cara termudah untuk mengatasi kesalahan pembaruan adalah dengan menonaktifkan Gutenberg dan beralih kembali ke editor Klasik. Seperti yang mereka katakan, tua adalah Emas.

Anda dapat menginstal plugin Classic Editor untuk ini. Setelah Anda mengaktifkan plugin, coba simpan posting Anda. Anda seharusnya tidak melihat pesan kesalahan apa pun sekarang.

Tetapi bagaimana jika Anda masih ingin menggunakan editor blok?

Pertanyaan bagus. Mungkin kembali ke editor klasik bukanlah pilihan untuk Anda. Dalam hal ini, Anda harus mengikuti apa yang kami lakukan di PassionWP. Dengan plugin editor klasik diinstal dan diaktifkan , buka Pengaturan> Menulis .

Sekarang pilih Editor Klasik sebagai opsi “editor default untuk semua pengguna”, simpan perubahan Anda, dan kosongkan cache situs web Anda. Tepat setelah ini, pilih Editor Blok sebagai editor default dan simpan lagi perubahannya.

Pengaturan plugin Editor Klasik untuk WordPress
Pengaturan plugin Editor Klasik

Sekarang coba edit posting yang ada atau buat posting baru dengan editor blok. Anda seharusnya tidak mengalami kesalahan tanggapan JSON. Namun, bisa jadi editor gagal menyimpan perubahan Anda secara otomatis .

Dalam acara ini, tekan Ctrl + S (Cmd + S untuk Mac) untuk menyimpan perubahan Anda secara manual. Solusi ini berfungsi untuk kami dan kami menggunakan editor blok tanpa mengalami kesalahan respons JSON.

Kesalahan konten campuran karena penggunaan sertifikat SSL

Alasan umum lainnya untuk kesalahan ini adalah penggunaan sertifikat lapisan soket aman (SSL) (Https) di situs WordPress Anda. Menggunakan sertifikat SSL dapat mengakibatkan beberapa konten dikirimkan secara tidak aman pada protokol Http bahkan sementara konten lainnya dikirimkan dengan cara yang aman melalui protokol Https.

Hal ini menyebabkan kesalahan konten campuran di mana konten https dan https dikirim secara bersamaan ke browser web, biasanya Google Chrome.

Bagaimana cara mengatasi Kesalahan Konten Campuran di WordPress?

Kami menyelidiki kesalahan konten campuran dan menemukan bahwa itu terkait dengan penggunaan plugin Really Simple SSL yang digunakan oleh lebih dari 3 juta pengguna WordPress untuk mengkonfigurasi https di situs web mereka.

Untuk mengatasi “respons tersebut bukan respons JSON yang valid” atau error konten campuran, buka Setelan> SSL. Ini akan membuka pengaturan plugin. Sekarang klik pada tab Pengaturan.

You should do the following two things here:

  1. Pastikan opsi “Pemecah konten campuran” diaktifkan. Ini mencegah masalah konten campuran di situs Anda yang telah kita diskusikan di atas.
  2. Selanjutnya, Anda harus mengaktifkan opsi “Gunakan metode alternatif untuk memperbaiki konten campuran”. Ini akan memastikan bahwa kesalahan “respons bukan respons JSON yang valid” tidak muncul secara tiba-tiba saat mengedit.
Cara memperbaiki respons bukanlah kesalahan respons JSON yang valid di WordPress
Really Simple SSL settings

Setelah menyimpan perubahan, kembali ke postingan yang sedang Anda kerjakan dan coba simpan postingan atau halaman Anda. Anda seharusnya tidak lagi mengalami respons bukan kesalahan respons JSON yang valid .

Solusi alternatif untuk respons bukanlah kesalahan respons JSON yang valid

Nonaktifkan semua plugin di situs Anda dan edit konten seperti biasa. Jika Anda menggunakan plugin SSL Sangat Sederhana, nonaktifkan plugin ini terlebih dahulu. Selanjutnya, coba simpan dokumen tersebut. Jika Anda dapat menyimpannya tanpa menghadapi kesalahan, aktifkan kembali plugin satu per satu untuk memeriksa plugin mana yang menyebabkan kesalahan.

Ada solusi lain yang bisa Anda coba untuk memperbaiki respon JSON response error yang tidak valid di WordPress.

Arahkan ke Pengaturan> Tautan Permanen . Ubah struktur permalink dari post-name atau struktur saat ini menjadi Plain yaitu https://yoursite.com/?p=123. Sekarang coba simpan posting / halaman Anda. Masalahnya seharusnya sudah diselesaikan.

Perbaiki respons bukanlah respons json yang valid dengan mengubah tautan permanen
Pengaturan permalink WordPress

Tetapi coba solusi ini jika semua metode lain gagal karena mengubah permalink akan menghasilkan masalah SEO yang besar di situs web langsung dan Anda juga perlu menambahkan beberapa pengalihan.

Kami membahas 4 solusi yang mungkin untuk respons bukan kesalahan respons JSON yang valid di WordPress. Saya harap salah satu metode ini berhasil untuk Anda. Jika ya, beri tahu saya di komentar di bawah. Jika tidak, posting masalah spesifik Anda sehingga orang lain dapat menyarankan solusi yang berbeda.

Referensi:

  • https://wpbizblog.com/response-is-not-a-valid-json-response-error/

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Silahkan di share, jangan di copas ya...